Mang Usep Ngalalana

Home » About Mang Usep

About Mang Usep

Selamat Datang, Welcome, Wilujeung Sumping … di Blog Mang Usep

Mang Usep lahir dan besar di ujung Timur Kabupaten Bogor, di sebuah kampung di Kecamatan Cariu. Selepas SMA, Mang Usep hijrah ke Bandung untuk melanjutkan sekolah di Universitas Islam Nusantara (Uninus), jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Selesai sekolah di Uninus, Mang Usep menetap di Bandung, bekerja sebagai guru honorer di SMAN 21 Bandung hingga tahun 2007. Dilanjutkan dengan menjadi Asisten Dosen di Uninus hingga tahun 2008. Kemudian hijrah ke Bekasi, mengajar di SMP Al Azhar Syifa Budi Kota Legenda. Hanya setahun di Bekasi, Mang Usep kemudian pindah ke Fayettevile, sebuah kota kecil di Northwest Arkansas, Amerika Serikat, untuk melanjutkan sekolah di University of Arkansas, melalui beasiswa USAID. Setelah selesai sekolah di Arkansas, tahun 2011, Mang Usep kembali ke Bandung, menjadi dosen di Uninus. Setahun kemudian, Mang Usep menikah dan memutuskan untuk hijrah ke kota asal isteri, yakni Majalengka, dan menjadi pengajar di Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, hingga pertengahan tahun 2015. Sejak Agustus 2015 hingga sekarang, Mang Usep menetap di sebuah kota kecil bernama State College di Negara Bagian Pennsylvania, Amerika Serikat. Mang Usep melanjutkan sekolah di College of Education, Pennsylvania State University.

Blog ini merupakan rekaman sekilas perjalanan hidup Mang Usep. Melalui blog ini, anda akan menemukan tulisan-tulisan yang dikelompokan dalam lima kategori sebagai berikut: 1) English Version, yakni tulisan-tulisan tentang bidang kependidikan yang Mang Usep geluti tapi dalam Bahasa Inggris yang sealakadarnya; 2) Hirup-Hurip, kata dalam Bahasa Sunda yang berarti Tentang Kehidupan, memuat kisah-kisah hidup Mang Usep; 3) Ngalalana-Adventure, memuat kisah perkelanaan Mang Usep dari mulai Bogor hingga Pennsylvania, dan seterusnya entah dimana; 4) Nyakola-Acedemia, memuat perspective Mang Usep tentang pendidikan; dan 5) Ngabodor, berisi tentang celoteh canda Mang Usep.

Sesuai dengan Tagline-nya, Cageur, Bageur, Bener, Singer, Pinter, Blog ini berisi cerita, perspective, dan kisah Ngalalana – berkelana – yang Mang Usep jalani. Tagline tersebut berasal dari Bahasa Sunda, sebuah pilosofi hidup orang Sunda. Cageur berarti sehat, Bageur berarti berperilaku baik, Bener berarti amanah, Singer berarti mawas diri, dan Pinter berarti berilmu. Kalau tujuannya menginspirasi, blog ini mungkin belum mampu memberikan inspirasi. Tapi, mudah-mudahan apa yang Mang Usep ceritakan di blog ini bermanfaat bagi khalayak. Sama sekali tidak bermaksud menggurui, karena Mang Usep sendiri adalah orang yang 50% nekad, 49% nasib, dan 1% berbakat.

Wallahu’alam

“There is only one way to learn. It’s through actions.”Paulo Coelho, the Alchemist

 

 

%d bloggers like this: