Mang Usep Ngalalana

Home » Hirup-Hurip » Obrolan dengan Profesor tentang Constraints (Hambatan): Benarkah Hambatan Selalu Buruk?

Obrolan dengan Profesor tentang Constraints (Hambatan): Benarkah Hambatan Selalu Buruk?

Photo: Chain of iron Ball attached to Foot by beeboys at shutterstock.com

Photo: Chain of iron Ball attached to Foot by beeboys at shutterstock.com

Suatu hari saya berbincang santai dengan professor sebelum perkuliahan dimulai. Professor saya ini merupakan pakar bidang kajian kebijakan publik, khususnya bidang pendidikan. Dari CVnya, saya mengetahui bahwa beliau merupakan sosok berpengaruh dalam lingkup kebijakan publik bidang pendidikan bukan hanya di Amerika Serikat, tapi juga di dunia. Saya tertarik belajar kualitatif riset bersama beliau semester ini karena alasan kepakarannya tersebut.

Perbincangan kecil sebelum perkuliahan dimulai sambil menunggu rekan-rekan mahasiswa lain pada datang (Note: Alhamdulilah, Profesor-professor disini biasanya 10 menit sebelum perkuliahan dimulai sudah ada di kelas). Perbincangan awalnya hanya seputar hal-hal kecil mulai dari ngebahas soal Mr. Trump Vs. Ms. Clinton, pertandingan baseball, hingga seputar riset. Beliau bertanya bagaimana dengan riset dosen dan guru di Indonesia. Saya jelaskan bahwa pemerintah sangat mendorong agar dosen dan guru melakukan riset. Namun, meski berbagai kebijakan dan inisiatif diambil, sepertinya kualitas dan kuantitas penelitian di Indonesia masih belum maksimal. Ada begitu banyak hambatan dalam implementasinya.

Sebelum saya melanjutkan pemaparan saya tentang apa hambatan yang saya maksud, beliau langsung memotong, “Ah saya tahu, ada tiga hambatan – constraints, yang umumnya dikeluhkan oleh dosen maupun guru jika bicara tentang penelitian: uang, tenaga, dan waktu, iya kan?” Saya jawab, “Iya.” Beliau kemudian bertanya lagi, “Emang, apa benar hambatan itu sesuatu yang buruk?” Belum sempat saya jawab, beliau melanjutkan, “Hambatan itu bagus, hambatan ada untuk membantu kita memfokuskan usaha dan ide-ide kita, hambatan ada untuk membuat kita lebih kreatif. Orang sering keliru menganggap adanya hambatan sebagai alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Menurut saya itu keliru. Dosen atau guru sering mengeluh, aduuh saya tidak punya dana untuk riset, aduuh waktu saya sedikit, atau tenaga saya cukup terkuras dengan hal lain, mengajar, misalnya, jadi susah untuk riset. Menurut saya itu hanya alasan yang dicari-cari. Riset butuh dana? Betul, tapi riset masih bisa dilakukan dengan dana terbatas. Punya uang berapa? $100? Yah lakukanlah riset yang sesuai dengan uang tersebut; orang sering keliru, punya uang hanya $100 tapi ingin riset yang butuh biaya $1 jt, yah repot, ujung-ujungnya gak pernah melakukan riset, karena melihat uang sebagai hambatan. Lakukanlah riset sesuai dengan kemampuan kita, sesuai dengan hambatan yang kita miliki. Constraints prevent us from swallowing something bigger than our mouth. Hambatan itu tidak selalu buruk, tergantung bagaimana kita menilainya.”

“Jadi, sebenarnya tidak ada yang namanya hambatan itu, Prof?” “Ada, tapi bagaimana hambatan itu berdampak pada kita tergantung bagaimana kita melihatnya,” jawab beliau.

Bagaimana menurut anda? Hambatan itu sesuatu yang buruk? Atau sebuah tantangan untuk ditaklukan?

 

Disclaimer:

THIS BLOG claims no credit for any images posted on this site unless otherwise noted. Images on this blog are copyright to its respectful owners. If there is an image appearing on this blog that belongs to you and do not wish for it appear on this site, please E-mail with a link to said image and it will be promptly removed.

Sebagai mahasiswa program Doktor di Penn State University College of Education yang didanai melalui program beasiswa LPDP, tulisan pada Blog ini merupakan pendapat saya pribadi dan tidak mewakili Penn State University of College of Education maupun LPDP secara kelembagaan

Leave a Reply

