Mang Usep Ngalalana

Home » Ngalalana-Adventures » Tentang State Patty’s Day: It’s Party Time!

Tentang State Patty’s Day: It’s Party Time!

Picture by: personal.psu.edu

Picture by: personal.psu.edu

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang salah satu tradisi yang rutin dirayakan mahasiswa di Penn State University sejak tahun 2007, yakni State Patty’s Day. Acara ini merupakan alternatif atau bentuk oplosan dari ritual Saint Patrick Day yang biasa diselenggarakan untuk memperingati Saint Patrick, Uskup Agung dan Bapak Bangsa Irlandia pada abad ke-5. Saya sebut ini versi oplosan karena berbeda dari umumnya acara Saint Patrick Day yang biasa diisi dengan berbagai festival dan parade budaya, maka State Patty’s Day hanya diisi dengan acara party dan minum-minum. Lebih jauh tentang Saint Patrick Day yang asli dapat dilihat pada tautan ini: Saint Patrick Day.

Karena festival Saint Patrick Day biasa diselenggarakan setiap tanggal 17 Maret, bertepatan dengan libur Spring Break di Penn State, sehingga mahasiswa tidak bisa merayakannya bersama teman-teman se-gank di kampus, maka kemudian, pada tahun 2007, sekelompok mahasiswa menginisiasi sebuah acara yang mereka beri nama State Patty’S Day.

Pada awal tahun 2007, sekelompok mahasiswa membuat sebuah Group di Facebook yang diberi nama “The Official Group to Move St. Patrick’s Day”. Tujuannya adalah untuk mengajak mahasiswa bergabung merayakan Saint Patrick’s Day lebih awal, sebelum libur Spring Break dimulai. Pada tahun 2008, group Facebook tersebut berhasil menghimpun anggota hingga 4 ribu orang lebih. Maka kemudian mereka mengajak bar dan pub di Downtown State College untuk bergabung hingga kemudian tiap tanggal 2 Maret dijadikan sebagai hari libur tidak resmi untuk merayakan Saint Patrick’s Day dengan namanya sedikit dipelesetkan menjadi State Patty’s Day.

Photo by Central Daily

Photo by Central Daily – Antri di Bar

Dalam perkembangan selanjutnya, State Patty’s Day ini kemudian rutin diselenggarakan tiap satu pekan setelah pelaksanaan festival THON (Saya akan menulis artikel terpisah tentang ini). Saat ini, sekitar 12 ribu mahasiswa terlibat dalam perayaan State Patty’s Day ini.

Pada hari State Patty’s Day ini, ribuan mahasiswa memenuhi bar, pub, dan restoran yang ada di downtown State College. Selain itu, banyak juga mahasiswa yang lebih memilih untuk merayakannya dengan Party bersama di apartemen masing-masing. Hijau adalah warna kebesaran perayaan ini; mahasiswa biasanya mengenakan atribut serba hijau, bahkan ada yang menwarnai rambut dengan warna hijau, dan membuat tattoo gambar Shamrock, daun yang menjadi simbol bangsa Irlandia.

Photo by: awesomestories.com -- Shamrock, daun simbol bangsa Irlandia

Photo by: awesomestories.com — Shamrock, daun simbol bangsa Irlandia

Pesta dan minum-minum adalah sajian utama acara State Patty’s Day. Apalagi berbagai sumber selalu menempatkan Penn State dalam 10 besar Party University dan Most Beer Drinker University di Amerika Serikat. Jadi, tak mengherankan jika acara seperti ini menarik banyak minat mahasiswa untuk ambil bagian.

12323582-standard

Photo By: Penn Live — Menuju ke party dengan atribut serba hijau

 

Meski memberikan dampak yang positif pada perekonomian kota dimana toko-toko dan restoran kebanjiran pengunjung, karena kegiatan hura-hura pesta dan minum-minum menjadi sajian utama, maka tak mengherankan jika banyak pihak yang menaruh perhatian khusus pada kegiatan ini. Apalagi pada perkembangan selanjutnya, acara State Patty’s Day ini bukan hanya dihadiri mahasiswa Penn State, tapi juga oleh pengunjug dari luar kota, bahkan luar negara bagian Pennsylvania.

Photo by” onwardstate.com — party di apartemen

Karena dipenuhi dengan hura-hura, party, dan minum-minum, maka angka kriminal pada perayaan State Patty’s Day ini naik drastis. Ratusan orang ditangkap pada tiap perayaan State Patty’s Day, bahkan pada tahun 2011, jumlah penangkapan mencapai lebih dari 400 kasus. Pada tahun 2012, semua fraternity dan sorority sempat dilarang untuk merayakan State Patty’s Day karena tingginya angka sexual harrashment dan berbagai insiden lainnya akibat dari pengaruh konsumsi alkohol yang berlebihan pada perayaan tersebut.

Photo by Onwardstate.com and Center Daily -- Toko-toko menjual asesoris serba hijau untuk perayaan State Patty's Day

Photo by Onwardstate.com and Center Daily — Toko-toko menjual asesoris serba hijau untuk perayaan State Patty’s Day

StatePattys05

Tahun 2013, Pemkot State College dan Penn State menawarkan kompensasi $5 ribu kepada Bar dan Pub agar tutup dan restoran tak menjual alkohol pada hari perayaan State Patty’s Day. Tujuannya adalah untuk mengurangi jumlah konsumsi alkohol dan menurunkan angka insiden selama perayaan. Akan tetapi kebijakan ini tetap tidak efektif karena tokh mahasiswa masih bisa merayakan State Patty’s Day di apartemen masing-masing. Kebijakan ini pula menuai protes dari para pengusaha Bar, Pub, dan Restoran karena subsidi $5 ribu tersebut jelas tidak bisa menutupi kerugian akibat mereka tidak menjalankan usaha selama satu hari perayaan State Patty’s Day.

So, suka party? Datanglah ke State College tiap akhir Februari, you will find a perfect party’s heaven … !!!

Disclaimer:

THIS BLOG claims no credit for any images posted on this site unless otherwise noted. Images on this blog are copyright to its respectful owners. If there is an image appearing on this blog that belongs to you and do not wish for it appear on this site, please E-mail with a link to said image and it will be promptly removed.

Sebagai mahasiswa program Doktor di Penn State University College of Education yang didanai melalui program beasiswa LPDP, tulisan pada Blog ini merupakan pendapat saya pribadi dan tidak mewakili Penn State University of College of Education maupun LPDP secara kelembagaan.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: