Mang Usep Ngalalana

Home » Hirup-Hurip » Meriahnya UAS di Penn State

Meriahnya UAS di Penn State

IMG_0341Dalam tradisi kampus di negara Paman Saya ini, Ujian Akhir Semester (UAS) dikenal dengan istilah Final Exam, atau cukup disebut dengan Final saja. Jadi, kalau ada orang berkata, Good luck for the finals, artinya bukan final pertandingan olahraga, tapi UAS. Jika di negara leluhur saya, sepekan menjelang UAS itu dinamakan minggu tenang. Entah apa maksud dari penamaan tersebut karena pada kenyataannya mahasiswa dan dosen sangat tidak tenang. Karena di Minggu tenang ini, mahasiswa justru gelisah dengan urusan administrasi pembayaran, tidak bayar, tidak boleh UAS; jadi mereka bukan gelisah dengan urusan siap atau tidak menjelang UAS. Sementara itu, dosen sibuk dengan menyiapkan soal ujian dan pimpinan jurusan sibuk dengan urusan penyusunan jadwal UAS. Jadi, sebenarnya, yang tenang itu siapa?

Nah, kalau di Negara Paman saya, sepekan menjelang UAS itu disebut dengan istilah Dead Days atau ada juga yang menyebut Dead Weeks, karena biasanya masa ini berlangsung selama satu sampai dua pekan. Kenapa disebut Dead atau mati? Biasanya semua tugas perkuliahan harus diselesaikan dan disetorkan ke dosen pada pekan tersebut; Ya, deadline pengerjaan tugas biasanya numpuk di minggu itu. Oh ya, mahasiswa di negara Paman saya tidak wajib nulis skripsi untuk S1 dan Thesis untuk S2. Sebagai gantinya, mereka harus nulis short research paper di tiap akhir semester. Tapi itu pun kembali ke kebijakan dosen masing-masing. Namun begitu, tugas nulis dan riset merupakan tugas harian mahasiswa. Nah, jika semua tugas tersebut tidak selesai pada masa Dead weeks/Dead days ini, maka dipastikan mereka tidak lulus dan harus mengulang. Jika mengulang, artinya nambah biaya lagi, terus laporan ke orang tua bagaimana?! Oh no, I am dead! FML! Makanya disebut Dead weeks atau Dead days. Tapi, istilah Dead weeks atau Dead days in juga bisa bermakna kematian yang sebenarnya. Dua pekan ini adalah masa paling menegangkan dan stressful bagi mahasiswa di negara Paman saya ini. Biasanya, peristiwa bunuh diri atau penembakan terjadi pada pekan-pekan stress ini. Makanya, biasanya kampus meningkatkan Security alert dan Polisi Kampus lebih sering berkeliaran … :-X

Suasana musim UAS di Library. Photo credit: Penn State

Suasana musim UAS di Library. Photo credit: Penn State

photo-10

Suasana Musim UAS di Library. Photo credit: Penn State

Untuk meirngankan beban stress mahasiswa, hingga berakhirnya musim UAS, kampus menyediakan segala macam fasilitas. Perpustakaan merupakan pusat semua kegiatan mahasiswa selama musim UAS. Untuk itu, Pattee & Paterno Library di Penn State University rutin mengadakan kegiatan yang disebut Destress Fest. Apa saja kegiatannya? Perpus menyediakan Game Zone dimana mahasiswa, disela-sela kesibukan mengerjakan tugas, bisa meluangkan waktu untuk bersantai sambil menikmati berbagai permainan yang disediakan. Ada banyak permainan seperti Puzzle Game, Giant Scrabble Game, dan Play Station. Selain itu, juga disediakan makanan dan minuman gratis. Ada kopi, susu, coklat panas, dan roti Croissant. Ah, bagi mahasiswa, anak rantau, dimana pun itu, yang namanya gratisan selalu menarik. Kalau harus beli di kantin, segelas kecil kopi dan sebiji Croissant itu harganya $4. Selain itu, perpus juga menambah jumlah layanan unit peminjaman iPod, iPad, dan MacBook yang isinya Games dan Film. Di Aula utama Perpus, terdapat kegiatan latihan Meditasi, Yoga, dan Massage, yang semuanya gratis bagi mahasiswa.

Giant Scramble untuk melepas stress

Giant Scrabble untuk melepas stress di Library

Melepas penat sambil bermain menyusun gambar

Melepas penat sambil bermain menyusun gambar

Sedangkan untuk menunjang kelancaran mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas dan persiapan UAS, Perpus menambah jam kerja. Jika di hari biasa, hanya lantai satu dan lantai dua yang buka full 24 jam seminggu, maka selama musim UAS, semua bagian Perpus buka 24 jam. Perpus juga menambah jumlah sofa dan kursi baca karena selama musim UAS, banyak mahasiswa yang tidak pulang ke kosan, melainkan tidur di Perpus. Saya pernah dua hari nginep di Perpus ini! Odol, Sikat Gigi, dan Tisu basah selalu ada di Tas … 😀 Layanan lain yang disediakan adalah jam operasional Bis kampus diperpanjang dari yang biasanya sampai jam 11 malam, selama musim UAS, Bis beroperasi hingga jam 2 dini hari.

Study Late? No worries, Library is open 24 Hours.

Studying Late? No worries, Library is open 24 Hours.

Musim UAS adalah musim dimana kita bisa melihat banyak Zombie gentayangan di kampus. Mata merah dan kantung mata tebal karena kurang tidur. Mahasiswa jadi lebih sulit untuk senyum. Bahkan, sering ditemukan mahasiswa dengan kelakuan aneh. Seperti teman yang duduk di meja di samping saya kemarin. Ketika sedang sibuk ngetik di komputer, tiba-tiba dia lari ke toilet, dan terdengar suara dia berteriak keras F*ck! beberapa kali; setelah itu dia kembali ke meja kerjanya dan melanjutkan menyelesaikan tugas seakan tidak terjadi apa-apa. 😀 Ada satu kejadian unik pada UAS semester Fall 2015 ini. Salah seorang dosen, entah sengaja iseng atau tidak sengaja, mengunggah satu Folder pada Learning Management System. Jadi, tergantung dosen masing-masing. Apakah akan mengadakan UAS secara Online atau secara manual. Nah, jika secara Online, dosen harus mengunggah File soal ke Learning Management System. Seorang dosen memilih untuk melakukan UAS secara Online. Namun, selain mengunggah soal, dia juga mengunggah satu Folder tambahan bernama Final Exam Answer Key. Tentu saja ini membuat mahasiswa heboh dan senang. Tapi ketika Folder itu dibuka, isinya hanya Video Youtube lagu jadul favorit si dosen itu … 😀

Di satu sisi, kampus menuntut mahasiswa untuk maksimal dalam belajar. Sementara disisi lain, kampus juga memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai sistem pendukung, bukan hanya secara akademik, tapi juga dukungan manusiawi.

Bagaimana dengan kampus di negara leluhur saya? 😀

Disclaimer:

THIS BLOG claims no credit for any images posted on this site unless otherwise noted. Images on this blog are copyright to its respectful owners. If there is an image appearing on this blog that belongs to you and do not wish for it appear on this site, please E-mail with a link to said image and it will be promptly removed.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: